Mengenal Lebih Dekat Berbagai Jenis Batu Akik

jenis batu akik

Demam batu akik tengah melanda Indonesia. Banyak masyarakat berbondong-bondong berbelanja perhiasan batu akik, baik untuk dipakai sendiri, sebagai hadiah, atau bahkan untuk dijual lagi dengan harga lebih mahal. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang harga puluhan ribu, ratusan, bahkan hingga jutaan rupiah. Bahkan beberapa jenis batu akik tergolong sangat langka dan bisa berharga hingga ratusan juta rupiah. Bagi orang awam memang hal ini sungguh fantastis, namun secara hokum ekonomi hal tersebut tidaklah terlalu mengherankan. Dengan tingginya angka permintaan akan batu akik saat ini, maka tidak mengherankan apabila banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan batu yang mereka inginkan. Dengan begitu nilai batu akik secara ekonomi pun meningkat tajam.

 

Mengingat harganya yang kian hari kian tinggi, alangkah bijaknya apabila anda lebih jeli dan hati-hati dalam memilih batu akik. Apalagi dengan beredarnya kabar tentang batu akik palsu baru-baru ini, yang hendaknya membuat kita lebih waspada. Perlu anda ketahui bahwa ada banyak jenis batu akik yang beredar di pasaran, dan setiap jenisnya memiliki karakteristik serta nilai yang bervariasi antara yang satu dengan lainnya. Dengan mengetahui berbagai jenis batu akik tersebut, diharapkan anda akan dapat memilih jenis yang sesuai dengan keinginan anda, serta juga untuk menghindarkan anda dari resiko tertipu atau kecolongan saat berbelanja batu akik.

Adapun jenis batu akik yang paling banyak dicari dan digemari saat ini ada 5. Diantaranya adalah:

  1. Batu Akik Safir (Sapphire)

Jenis batu akik ini tergolong mahal, dengan segmen pasar kalangan menengah keatas. Umumnya, masyarakat mengenal batu safir berwarna biru keunguan. Faktanya, batu safir ada banyak jenis dengan warna yang bervariasi pula, mulai dari warna merah, kuning, hijau, putih, oranye, hitam, bahkan yang dwi-warna juga ada.

  1. Batu Akik Zamrud

Jenis batu akik ini dulunya hanya digunakan oleh para bangsawan dan keluarga kerajaan, dan dipakai sebagai lambang kemakmuran dan kejayaan penggunanya. Hingga kini, batu zamrud pun tidak kehilangan pamornya hal ini bisa dilihat dari jumlah peminatnya yang sangat tinggi meskipun harganya tergolong sangat mahal.

  1. Batu Akik Topaz

Pecinta batu mulia tentunya sudah tidak asing dengan jenis batu akik yang satu ini. Batu Akik Topaz banyak ditemukan di Brazil, Meksiko, dan Rusia. Yang menarik dari batu ini adalah bahwa menurut penelitian, memakai perhiasan yang menggunakan batu akik topaz dapat membantu mengurangi depresi dan perasaan stress yang dialami penggunanya. Maka tidak mengherankan apabila kandungan batu jenis ini banyak ditemukan pada berbagai alat terapi modern.

  1. Batu Akik Bacan Hijau

Batu akik Bacan hijau merupakan satu dari beberapa jenis batu akik yang paling dicari saat ini. Pecinta batu akik pemula maupun kolektor professional hampir bisa dipastikan menginginkan jenis batu ini. Ada banyak alasan mengapa batu ini sangat diminati, salah satunya adalah karena sifatnya yang unik yakni fisiknya yang akan bermetamorfosis menjadi lebih cantik dan bagus seiring waktu berjalan. Oleh karenanya, banyak yang menganggap batu akik bacan hijau sebagai investasi yang sempurna karena nilainya yang diperkirakan akan selalu naik di masa mendatang.

  1. Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik local yang berasal dari Sumatera Barat ini disinyalir merupakan jenis batu akik yang dipakai oleh berbagai pemimpin negara, sebut saja bapak SBY, Jokowi, bahkan hingga Barrack Obama. Oleh karenanya, tingkat permintaan akan jenis batu akik ini pun semakin tinggi dna harganya pun kian lama kian menanjak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *